BIG DATA

05.16 0 Comments


Big Data
Metode
Predictive modeling
Pemeriksaaan klaim asuransi manual memakan waktu dan memungkinkan terjadinya error karena tak mungkin personel memeriksa setiap detail dokumen yang berlembar-lembar. Predictive modeling mampu memeriksa data memungkinkan deteksi kecurangan secara proaktif dengan mengidentifikasi pola dan hubungan antara manusia dan data (diantaranya data cuaca, voice recording, data historis gaji, klaim medis, cuaca, dan lain-lain).
Contohnya, seorang pekerja mengajukan klaim karena matanya terluka. Dengan analisa predictive, perusahaan asuransi bisa saja mengetahui pembicaraan si pekerja ini di sebuah forum tentang film yang baru ia tonton beberapa saat setelah terjadinya kecelakaan tersebut. Informasi ini membantu investigator memeriksa kemungkinan adanya detail klaim yang tak salah sebelum terjadinya proses pembayaran.

Social Network Analysis (SNA)
Media sosial menghubungkan setiap individu di belahan dunia manapun dengan cara yang belum pernah ada sebelumnya. Jutaan posting di media sosial menghasilkan data dalam jumlah sangat besar yang menciptakan jaringan-jaringan sosial. Dari jaring-jaringan inilah sudah banyak penelitian yang diterapkan dalam bidang keamanan, termasuk untuk melawan pencucian uang, melacak aktivitas teroris, mengidetifikasi perdagangan rahasia dan mencegah upaya kecurangan.
SNA memungkinkan perusahaan secara proaktif meneliti sejumlah besar data untuk menemukan hubungan melalui jaringan dan simpul. Contohnya, awalnya mungkin sebuah kecelakaan mobil terlihat wajar. Namun, ternyata saat dilakukan pemeriksaan dengan SNA ditemukan bahwa alamat salah seorang korban kecelakaan atau kendaraan yang mengalami kecelakaan tersebut ternyata sudah pernah terlibat dengan banyak klaim asuransi lainnya. Kemampuan big data memberikan informasi semacam itu membantu perusahaan menghemat waktu dan memberikan wawasan terkait parameter-parameter kecurangan.

CRM sosial
Media sosial kini menjadi bagian dari strategi digital banyak perusahaan. penting bagi perusahaan untuk menghubungkan media sosial dengan CRM (Customer Relationship Management) perusahaan. Dengan menggunakan informasi yang dikumpulkan dari CRM sosial, perusahaan bisa memahami trend perilaku dan permintaan konsumen dan preferensi yang membentuk CRM sosial secara lebih transparan. Tools CRM sosial mampu mencari jutaan posting media sosial, termasuk blog, Twitter, dan platform lainnya untuk mencari informasi yang dibutuhkan.
Contohnya, dengan memanfaatkan CRM, investigator bisa mencari tahu apakah individu yang mengajukan klaim memiliki hubungan dengan orang lain yang terlibat dalam kecelakaan tersebut. Investigator juga bisa mengetahui di mana individu yang mengajukan klaim ini berada saat terjadi kecelakaan melalui GPS data. Data-data tak terstruktur seperti itu membantu investigator menggali informasi lebih cepat dan detail terkait nasabah asuransi.

Contoh Studi Kasus Penggunaan Analisis Big Data

Dalam implementasinya, penerapan analisis big data cocok untuk berbagai bidang bisnis. Berikut adalah contoh studi kasus penggunaannya :

1.      Lembaga Keuangan dapat menggunakan analisi big data agar cepat mengidentifikasi potensi penipuan sebelum menjadi besar efeknya, sehingga meminimalkan resiko kerugian secara finansial.
2.      Pemerintahan dapat memanfaatkan analsiis big data untuk meningkatkan keamanan negara dengan mampu mendeteksi mencegah dan melawan serangan cyber.
3.      Industry kesehatan dapat menggunakan analisi terhadap big data untuk meningkatkan layanan perawatan pasien dan menemukan cara yang lebih baik untuk melelola sumber daya dan personil
4.      Perusahaan telelkomunikasi dapat memanfaatkan analisi big data untuk mencegah churn pelanggan dan juga merencanakan cara terbaik untuk mengiptimalkan jaringan nirkabel baik yang baru maupun yang sudah ada
5.      Marketing dapat menggunakan big data untuk melakukan analisis senimen untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk dan layanan yang dipasarkan
6.      Perusahaan asuransi dapat menggunakan analisi big data untuk mengkategorikan pengajuan asuransi yang dapat segera diproses dan mana yang perlu divalidasi dengan dilakukan kunjungan oleh agen asuransi
7.      Perusahaan ritel dapat menggunakan unformasi dari social media seperti facebook, twitter, Instagram yang disimpan dengan  teknologi big data, yang selanjutnya digunakan untuk menganalisis bagaimana perilaku, persepsi pelanggan terhadap suatu produk atau brand dari perusahaan

Sumber :
https://integrity-indonesia.com/id/blog/2018/02/15/3-metode-revolusioner-analisis-big-data-dalam-deteksi-kecurangan-asuransi/
https://www.scribd.com/document/345210517/Contoh-Studi-Kasus-Penggunaan-Analisis-Big-Data

SAM

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: